Mahasiswa KKN RDR- 77 UIN Walisongo Gelar Webinar Dengan Tema Kesetaraan Gender Dalam Pergerakan Kepemudaan

(Dokumentasi: Prosesi berlangsungnya kegiatan webinar)  Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah- 77 Kelompok 47 UIN Walisongo Semarang menggelar we...

(Dokumentasi: Prosesi berlangsungnya kegiatan webinar) 
Mahasiswa KKN Reguler Dari Rumah- 77 Kelompok 47 UIN Walisongo Semarang menggelar webinar dengan tema ''Kesetaraan Gender Dalam Pergerakan Kepemudaan''. Acara yang dilaksanakan melalui platform zoom tersebut mengundang seorang pemateri yang merupakan founder @scholarshiphuntersumut, bernama Atika Winari Putri, pada hari minggu (24/10/2021).

Acara tersebut dibawakan oleh Anisyah Nur Alifah yang merupakan koordinator dari Kominfo KKN RDR- 77 Kelompok 47 dan dimoderatori oleh salah satu anggota Divisi Gender yang bernama Irni Lutfiyatul Adibah. Sebagai pembuka sambutan diawali oleh Ketua KKN RDR-77 Kelompok 47 UIN Walisongo yaitu Bagas Pangestu Putra. Ia berharap dengan adanya webinar ini dapat memberikan manfaat.

Gender sendiri dapat dipahami sebagai suatu sifat yang dijadikan dasar untuk mengidentifikasikan perbedaan antara laki- laki dan perempuan yang dilihat dari segi kondisi sosial atau pun budaya. Di dalam materinya, Atika Winari Putri ini lebih menjelaskan pengalaman pribadinya selama menempuh jenjang pendidikan. Di usianya yang masih muda, namun Atika Winari Putri ini sudah banyak mendapatkan penghargaan dan beberapa prestasi.

Pada tahun 2018, Ia pernah menjadi Duta Muda Indonesia Pertukaran Pemuda Antar Negara ASEAN- INDIA Student Exchange Programme (AISEP) di India. Tahun 2017, Ia juga pernah menjadi Wakil Komandan Tertinggi pada Diponegoro School of Nation di Semarang. Atika Winari ini, juga pernah menjadi Delegasi Internasional Undergraduate Entrepreneural Training (IUET) di Malaysia.

Dalam menyampaikan materinya Atika Winari menjelaskan bahwa dalam kesetaraan gender ini, antara perempuan dan laki- laki memiliki hak yang sama. Diskriminasi terhadap perempuan harus dapat dihilangkan. Terutama dalam hal pendidikan, bahwa pendidikan bukan hanya untuk laki- laki saja, tetapi perempuan juga berhak untuk menempuh pendidikan seperti halnya laki- laki.

Lanjut Atika Winari dalam webinar, juga menjelaskan tentang 3 resep pemuda yaitu

1.   Personal Branding,

Personal branding sangat diperlukan untuk membangun citra diri kepada orang lain bahkan publik. Personal branding dapat diartikan sebagai upaya individu untuk mempresentasikan dirinya, tentang pengalaman dirinya sebagai sebuah merek. Personal branding bagi setiap pemuda itu penting tujuannya untuk membangun kepercayaan individu lain terhadap diri kita.

2.   Pemuda Pelopor,

Atika Winari ini mengatakan bahwa pemuda itu adalah pelopor dan penghargaan itu bonusnya. Maka tidak ada salahnya menjadi pemuda yang mampu untuk menjadi sebuah pelopor dalam sebuah organisasi atau pun bidang lainnya.

3.   Pertahankan,

Dalam hal ini, Atika Winari menjelaskan bahwa tidak ada proses kehidupan yang benar- benar instan. Ketika semua berlomba- lomba menjadi Ketua, ketika semua mencari cara menjadi Founder, tapi lupa dengan keberlanjutan. Maka dari itu, penting bagi sebuah organisasi, komunitas untuk mempertahankan eksistensinya dengan adanya keberlanjutan.

Setelah selesai pemateri menjelaskan materinya, kemudian kegiatan webinar dilanjut dengan sesi tanya jawab oleh para peserta. Peserta dalam kegiatan webinar ini, sangat antusias dan aktif bertanya. Sebelum mengakhiri acara webinar, Atika Winari memberi pesan bahwa berhentilah mengkotak- kotakan segala sesuatu. Pada hakikatnya, manusia sama derajat dan martabatnya di mata Sang Pencipta.

''Kita sebagai pemuda harus berfikir terbuka dan berhentilah mengkotak- kotakan segala sesuatu yang ada di depan kita. Sekedar wacana lupa action juga tidak baik. Latar belakang seseorang bukan prioritas, tapi menjadi pemuda yang dilihat adalah usaha kerasnya'', tutur Atika Winari dalam mengakhiri materinya. 

Proses kegiatan webinar berjalan dengan lancar, kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dengan cara screenshot.

Reporter : Fuizahtun Khasanah

Redaktur : Ayu Nindika

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Mahasiswa KKN RDR- 77 UIN Walisongo Gelar Webinar Dengan Tema Kesetaraan Gender Dalam Pergerakan Kepemudaan
Mahasiswa KKN RDR- 77 UIN Walisongo Gelar Webinar Dengan Tema Kesetaraan Gender Dalam Pergerakan Kepemudaan
https://1.bp.blogspot.com/-Ya6YvGPxKCA/YZp0BcKdBLI/AAAAAAAACoI/Va3PRuBgMX402Ieysp7OeQ1buxnp-i79gCLcBGAsYHQ/s320/webinar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ya6YvGPxKCA/YZp0BcKdBLI/AAAAAAAACoI/Va3PRuBgMX402Ieysp7OeQ1buxnp-i79gCLcBGAsYHQ/s72-c/webinar.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2021/10/mahasiswa-kkn-rdr-77-uin-walisongo_24.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2021/10/mahasiswa-kkn-rdr-77-uin-walisongo_24.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy