Perilaku Bijak di Masa Pandemi Global

Ilustrasi Gambar: https://www.pmjnews.com/2020/08/12/ngeri-kominfo-1-028-hoax-covid-19-tersebar-di-medsos/ Pada era millennial seperti ini, ...

Ilustrasi Gambar: https://www.pmjnews.com/2020/08/12/ngeri-kominfo-1-028-hoax-covid-19-tersebar-di-medsos/

Pada era millennial seperti ini, teknologi menjadi tolak ukur dalam segi kemajuan zaman dan intelektual. Banyak yang kemudian memberikan solusi terkait permasalahan- permasalahan yang pada zaman dahulu menjadi problematika masyarakat. Seperti halnya penyampaian informasi, antar pribadi individu ataupun informasi umum yang sedang viral.

Internet menjadi jawaban dari semua permasalahan di atas, karena dengan menggunakan internet dapat dengan mudah mengakses berita yang sedang hangat dibicarakan. Kemajuan penggunaan internet yang sebelumnya menggunakan PC yang mempunyai bentuk fisik yang besar, kemudian internet sudah dapat diakses melalui telepon genggam yang memiliki karakteristik ringan dan fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Jadi dalam mengakses berita viral pun dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Kemudahan zaman modern tidak hanya sampai disitu saja, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam memposting suatu statement yang dapat dilihat dan dibaca warganet.

Pengguna internet dapat kapanpun membaca dan memberikan pernyataan untuk mengkritik sebuah pemberitaan yang beredar di dunia maya. Tidak hanya itu, karena dengan disupport aplikasi media sosial, warganet dapat memposting perasaan apa yang sedang mereka rasakan sekaligus. Hal ini menjadi sebuah kesimpulan, bahwa dalam dunia maya dapat menjadi ruang interaksi sosial antar warganet hanya untuk sekedar mengomentari statement yang diposting oleh warganet lainnya.

Dengan kemajuan teknologi sekalipun, sebuah kejahatan akan selalu mengikuti kemanapun zaman itu bergerak. Tidak dapat dipungkiri, bahwa  kemajuan teknologi yang baik, juga akan diikuti dengan hal- hal negatif. Salah satunya adalah penyebaran berita atau informasi hoax. Seorang pengamat informatika, menjelaskan bahwa Informasi hoax yang bersebaran, didasari unsur kesengajaan dari pihak-pihak tertentu dan unsur ketidaksengajaan dari warganet dalam menyebarkan pemberitaan tersebut.

Biasanya pada fenomena seperti itu adalah penerimaan mentah-mentah dari penerima informasi atas sebuah pemberitaan. Tanpa melihat referensi informasi yang lain, kemudian tidak sedikit warganet yang langsung percaya dan memposting pemberitaan tersebut dengan tujuan agar warganet lainnya dapat mengetahui informasi viral yang mereka rasa harus diketahui banyak orang.

Dilansir dari laman Detik.com bahwa ada banyak informasi simpang siur mengenai hoax penangkal atau obat virus Corona banyak sekali ditemukan di sosial media. Banyak masyarakat yang kemudian termakan hoax yang beredar. Padahal informasi seputar covid-19 yang bukan dari sumber resmi, harusnya tidak mudah dipercaya. Salah satunya adalah meminum cairan disinfektan yang merupakan pernyataan dari Donald Trump yang sempat heboh menjadi perbincangan warganet yaitu soal meminum cairan disinfektan untuk bunuh virus Corona. Padahal sudah jelas bahwa cairan disinfektan yang dimasukkan ke dalam tubuh, sangatlah berbahaya untuk kesehatan, bahkan bisa fatal hingga merenggut nyawa.

Hal di atas diperkuat dengan berita dari laman suarajogja.id, mengenai nasib malang harus dialami salah satu warga Kebonangung, Tegalrejo Magelang. Menurut unggahan akun twitter @vidabsb, menunjukkan tangkapan gambar percakapan pesan pendek bahwa seorang warga Kebonagung dirawat di rumah sakit setelah meminum cairan disinfektan yang dikira air mineral karena ada dibotol air mineral.

Dari tulisan diatas, memberi pesan kepada masyarakat mengenai pentingnya mencari kebenaran atas sebuah pemberitaan, dan selalu waspada dengan adanya penyebaran virus corona. Kaitannya dengan informasi corona, sebagai warganet yang pintar harus mencari sumber resmi yang bertanggung jawab atas informasi tersebut. Kemudian, pada pandemi global seperti ini, mari menjadi warganet yang baik dan bijaksana dalam menggunakan internet.


Penulis: Putra Pamungkas

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Perilaku Bijak di Masa Pandemi Global
Perilaku Bijak di Masa Pandemi Global
https://1.bp.blogspot.com/-mmcx_tFIrSU/X44TohezMPI/AAAAAAAABo4/8Z4KnC6gvFA1A5IVCQM5oPvxoif5zvu6gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20201019-WA0027.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mmcx_tFIrSU/X44TohezMPI/AAAAAAAABo4/8Z4KnC6gvFA1A5IVCQM5oPvxoif5zvu6gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20201019-WA0027.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2020/10/perilaku-bijak-di-masa-pandemi-global.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2020/10/perilaku-bijak-di-masa-pandemi-global.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy