Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Oleh Mahasiswa KKN Posko 75 UIN Semarang

LPMReference.com - Murid SDN 5 Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, diajak belajar hidup sehat dengan menggosok gigi da...



LPMReference.com - Murid SDN 5 Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, diajak belajar hidup sehat dengan menggosok gigi dan gerakan cuci tangan.

Penyuluhan kesehatan ini digelar oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) Ke 9 Posko 75 UIN Walisongo Semarang di SDN 5 Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa.

Para mahasiswa melakukan kegiatan penyuluhan tersebut karena kegiatan mengosok gigi dan cuci tangan sangat penting bagi anak untuk menjaga kesehatan badan. Oleh karena itu, anak-anak harus mengetahui tata cara mengosok gigi dan cuci tangan dengan baik dan benar.

"Cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan mengikuti 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar, serta rajinlah untuk mengosok gigi minimal 2 kali sehari untuk menjaga kesehatan gigi kita" kata Iga Mawarni, mahasiswa UIN Semarang yang juga koordinator Divisi Kesehatan KKN di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa, Senin (10/2/2019).

Dari materi yang disampaikan teman-teman mahasiswa UIN, bahwa tahapan mengosok gigi dimulai dengan menempatkan kepala sikat gigi pada gigi hingga sejajar dengan garis gusi. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar. Gerakan ini dilakukan beberapa kali pada semua permukaan gigi.

Selanjutnya Sikat permukaan depan dari setiap gigi. Ulangi metode langkah kedua pada semua permukaan gigi. Gosok merata di bagian samping kanan dan kiri.

"Sikat juga gigi geraham, untuk membersihkan bagian dalam permukaan gigi, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa gerakan melingkar kecil dengan bagian depan sikat. Terakhir sikat lidah,  menyikat lidah akan membantu menyegarkan napas dan membersihkan mulut dari bakteri," imbuhnya.

Sementara Andi guru olah raga dari SDN 5 Kemujan mengatakan mencuci tangan itu dilakukan disaat sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air besar, sesudah buang air kecil, dan setelah bersin atau batuk.

"Supaya kita terhindar dari penyakit-penyakit yang akan mengganggu kesehatan jasmani kita. Hidup sehat penting diterapkan sejak dini agar kualitas hidup anak lebih baik hingga dewasa nanti. Jika kita teratur menggosok gigi dan mencuci tangan bisa terhindar dari penyakit," kata Andi.

Reporter : Chan
Redaktur : Khanoor

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Oleh Mahasiswa KKN Posko 75 UIN Semarang
Pentingnya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Oleh Mahasiswa KKN Posko 75 UIN Semarang
https://1.bp.blogspot.com/-uDUmImk86Gc/XkIp3ixf2GI/AAAAAAAABQk/5TEjLOMUhQcZ7waCHZUZQrTwsXpIah21ACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200211-WA0024.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-uDUmImk86Gc/XkIp3ixf2GI/AAAAAAAABQk/5TEjLOMUhQcZ7waCHZUZQrTwsXpIah21ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200211-WA0024.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2020/02/pentingnya-perilaku-hidup-bersih-dan.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2020/02/pentingnya-perilaku-hidup-bersih-dan.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy