Nur Hasyim: Laki-laki Dilahirkan Bukan sebagai Pelaku Kekerasan

Pelaku Kekerasan, Laki-laki Dilahirkan Bukan sebagai Pelaku Kekerasan, Fisip UIN WALISONGO



LPM Reference.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi menyelenggarakan bedah buku “Laki-laki dalam Asuhan Feminisme” Kamis, (19/4) di Audit 2 Kampus 3  Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Mengundang dua narasumber, Nur Hasyim (penulis buku, “Laki-laki dalam Asuhan Feminisme”) dan Misbah Zulfa Elizabeth (dosen pengamat gender).

Buku “Laki-laki dalam Asuhan Feminisme” memberikan gambaran bahwa menjadi laki-laki tidak harus dengan kekerasan. Nur Hasyim menjelaskan bahwa laki-laki dilahirkan bukan untuk menjadi pelaku kekerasan. Segala hal yang ada di dalam masyarakat merupakan bentuk dari konstruksi budaya, seperti laki-laki yang harus maskulin dan keras.

Nur Hasyim menambahkan bahwa buku tersebut menjelaskan mengenai pemikiran baru dari aliansi laki-laki baru, yaitu menjadi laki-laki yang beda dari mainstream seperti yang telah dikonstruksikan budaya.

Ia mengatakan bahwa bukunya tersebut memberikan pesan bagi semua kalangan, bahwa yang berlaku tidak adil dan melakukan kekerasan, berarti sama dengan mereka yang tidak memanusiakan dirinya sendiri. “Aliansi laki-laki baru dalam hal ini yaitu, mereka laki-laki yang turut berkontribusi dalam memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender, agar mereka juga diberi nilai dan tidak direndahkan,” jelas Nur Hasyim.

Sementara Elizabeth yang bertindak sebagai pembedah buku  dalam pemaparannya mengatakan buku “Laki-laki dalam Asuhan Feminisme”  jangan hanya sekedar dokumentasi, tapi juga bisa dijadikan kajian yang serius berupa etnografi.

“Buku ini kalau dijadikan etnografi bisa membuka fenomena lebih banyak dan menjadi knowledge bagi banyak orang,” ujarnya. Ia juga menjelaskan bahwa gender terhadap perempuan juga harus diperhatikan dalam bentuk biologis perempuan, karena kesetaraan gender juga harus memperhatikan faktor biologis perempuan yaitu menstruasi, melahirkan dan menyusui.

Reporter : Arina Salsabila.
Editor : Sulistiyawan.

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Nur Hasyim: Laki-laki Dilahirkan Bukan sebagai Pelaku Kekerasan
Nur Hasyim: Laki-laki Dilahirkan Bukan sebagai Pelaku Kekerasan
Pelaku Kekerasan, Laki-laki Dilahirkan Bukan sebagai Pelaku Kekerasan, Fisip UIN WALISONGO
https://3.bp.blogspot.com/-E1xHZBz_tdk/Wti7hbA8jWI/AAAAAAAAAh4/ZD-lxZrN4QQqoJGA3CfeGf9TaWNCfBaJACLcBGAs/s320/salsaa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-E1xHZBz_tdk/Wti7hbA8jWI/AAAAAAAAAh4/ZD-lxZrN4QQqoJGA3CfeGf9TaWNCfBaJACLcBGAs/s72-c/salsaa.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2018/04/nur-hasyim-laki-laki-dilahirkan-bukan.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2018/04/nur-hasyim-laki-laki-dilahirkan-bukan.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy