Wisata Air Negeri Di Atas Awan, Wonosobo.

Tidak mau kalah dengan daerah lain yang ada di provinsi Jawa Tengah, Wonosobo juga ingin menonjolkan wisatanya. Kabupaten Wonosobo menyi...


Tidak mau kalah dengan daerah lain yang ada di provinsi Jawa Tengah, Wonosobo juga ingin menonjolkan wisatanya. Kabupaten Wonosobo menyimpan banyak sekali wisata, tidak hanya wisata naik gunung, dan agrowisatanya saja. Melainkan wisata air berupa bendungan seperti Bendungan Wadaslintang. Terletak di bagian Selatan wilayah Kecamatan Wadaslintang, bendungan ini berbatasan langsung dengan kecamatan Padureso Kabupaten  Kebumen.

Mulai beroperasi pada tahun 1988 dan dimiliki oleh Jasa Tirta. Dengan tipe bendungan Rockfill, memilki luas 123 meter dan panjangnya 650 meter. Bendungan Wadaslintang memiliki status aktif dan digunakan sebagai irigasi, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), perikanan, pariwisata dan penampung air.

Dalam proses pembangunannya, memakan tempat yang luas dan tidak khayal desa-desa yang berada di sekitar bendungan Wadaslintang harus dipindahkan agar dapat direalisasikan pembangunannya. Kala itu pada masa pemerintahan presiden Soeharto, bendungan ini membutuhkan waktu 7 tahun, dari tahun 1982 sampai 1988.

Wisata Bendungan Wadaslintang
Bendungan Wadaslintang  terkenal sebagai lokasi favorit untuk rekreasi para penggemar olahraga memancing. Tidak salah apabila setiap liburan akhir pekan sangat ramai pengunjung yang datang dari masyarakat sekitar atau luar kota.

Hanya dengan Rp. 5000. pengunjunag sudah bisa menimati panorama keindahan yang ditawarakan. Tak kalah dengan wisata alamnya, wisata kuliner yang ada disekitarnya juga cukup menggugah selera. Menu  yang paling terkenal disini adalah olahan pepes ikan nila, dengan harga Rp.15.000-Rp.25.000, bisa mendapatkan oleh-oleh khas Wadaslintang tersebut.

Kearifan lokal  yang dikolaborasikan dengan wisata Bendungan Wadaslintang  sangat berguna sekali dalam promosi wisata yang ada. Seperti halnya lomba menghias kapal nelayan yang sering di gunakan dalam menangkap ikan. Sehingga para wisatawan domestik maupun mancanegara tertarik untuk berkunjung.


Penulis : Dede Hafidz A. Farouq
Editor : Luqman Sulistiyawan

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Wisata Air Negeri Di Atas Awan, Wonosobo.
Wisata Air Negeri Di Atas Awan, Wonosobo.
https://3.bp.blogspot.com/-dxh1ud6UiAs/WmV_-fUU-pI/AAAAAAAAATI/MDb1IuZHvOwb8P1B6TVTcBVpaPfvOjAdgCLcBGAs/s320/faruq.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dxh1ud6UiAs/WmV_-fUU-pI/AAAAAAAAATI/MDb1IuZHvOwb8P1B6TVTcBVpaPfvOjAdgCLcBGAs/s72-c/faruq.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2018/01/wisata-air-negeri-di-atas-awan-wonosobo.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2018/01/wisata-air-negeri-di-atas-awan-wonosobo.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy