Mengenal Sosok Lain Chrisye Melalui Film

   Sumber foto : www.cgv.id Judul Film: Chrisye Sutradara: Rizal Mantovani Produser: Rissa Putri Produksi: MNC Picture Peres...

  
Sumber foto : www.cgv.id

Judul Film: Chrisye
Sutradara: Rizal Mantovani
Produser: Rissa Putri
Produksi: MNC Picture
Peresensi: Luqman Sulistiyawan
Nama Chrisye begitu familiar di telinga para penikmat musik Indonesia. Tak diragukan lagi jika ia kemudian disebut sebagai musisi legenda yang membuat pendengar musik akan jatuh hati dengan suara khasnya. Meski banyak orang mengenal berbagai lagunya namun tak lantas mengenal pula kehidupan seorang Chrisye. Maka kemudian dirilis film “Chrisye” yang disutradarai oleh Rizal Mantovani. Film ini begitu menarik karena tidak hanya menggambarkan sisi kehidupan Chrisye sebagai seorang musisi, tetapi sebagai seorang seorang ayah, sahabat, serta sebagai seorang muslim yang taat.
Dalam film ini dikisahkan bagaimana seorang Chrisye (Vino G. Bastian)  menapaki jalan bermusiknya dari mulai menjadi penyanyi band Gipsy sampai akhirnya menjadi penyanyi solo. Meski awalnya agak ragu untuk berkarir solo, namun kemudian lewat single “Lilin-Lilin Kecil” nama Chrisye kemudian banyak dikenal dan menembus pasaran musik Indonesia dan bersaing dengan musisi lainnya. Tak mudah bagi Chrisye untuk kemudian meyakinkan ayahnya berkarir sebagai musisi karena anggapan bahwa seorang musisi tidaklah pernah dihargai dan anggapan negatif lainnya tentang citra musisi. Namun entah mukjizat atau bagaimana lewat sebuah mimpi yang dialami, sang ayah mengizinkan Chrisye berkarir sebagai musisi.
Nama melambung diikuti juga dengan kisah asmaranya, adalah seorang Damayanti Noor (Velove Vexia), gadis yang membuat Chrisye jatuh hati dan kemudian menjadi pendamping hidupnya. Alasanya cukup simpel, “karena kamu adalah perempuan yang bisa aku ajak susah” begitu kata Chrisye ketika Damayanti menanyakan mengapa memilih dirinya. Damayanti lah yang membuat Chrisye mengenal agama Islam dan memutuskan menjadi seorang muallaf.
Waktu berlalu, karir Chrisye semakin melejit, terutama ketika ia tampil beda membawakan lagu “Aku Cinta Dia” dengan gaya nyentrik mampu menyedot perhatian para remaja pada saat itu. Sampai kemudian ia berada pada titik buntu dan terlintas untuk berhenti sebagai musisi, namun takdir berkata lain ketika Jay Subyakto dan Gauri Nasution menawarkan kepadanya konser tunggal yang berkolaborasi degan komponis Erwin Gutawa. Melalui perjuangan panjang terselenggaralah konser tersebut yang menjadi konser terbesar pada saat itu dan disambut antusias oleh penikmat musik Indonesia.
Puncaknya adalah ketika timbul rasa spiritual dalam diri Chrisye, ia merasa selama hidupnya  Tuhan telah  begitu baik padanya karena setiap  kesulitan dan keinginannya  seakan dijawab dan dibantu. Ia pun berinisiatif untuk memunculkan lagu yang bicara tentang ketuhanan dalam album yang akan digarapnya. Chrisye meminta sastrawan Taufik Ismail untuk membuatkan lirik lagunnya. Selesai lirik lagu diterima, ternyata Chrisye tak mampu menyanyikannya, acap kali mau menyanyikan yang keluar bukanlah suara, tetapi yang keluar malah air mata yang begitu menggoncang hati, begitu ia mencoba berulang-ulang namun hasilnya pun sama.
Ternyata lirik tersebut adalah terjemahan surah Yassin ayat 65 yang menjelaskan tentang pengadilan di hari akhir. Didampingi Damayanti, Chrisye pun berhasil menyanyikan lagu itu walau dengan tetesan air mata. Kiprah Chrisye sebagai musisi begitu terkenang bagi banyak orang walaupun kemudian ia wafat pada tahun 2007, namun karya dan namanya masih tetap abadi dan selalu menjadi inspirasi.
Film ini menarik ditonton oleh berbagai generasi, karena kaya akan muatan edukasi yang digali dari sosok Chrisye. Meskipun tidak secara seutuhnya dapat menggambarkan Chrisye, namun setidaknya Rizal Mantovani melalui filmnya mampu menunjukkan kepada penonton tentang sisi lain seorang Chrisye yang selama ini belum diketahui, terutama dari sudut pandang Damayanti Noor sebagai sang istri. Film “Chrisye” sendiri mulai tayang sejak 7 Desember 2017 di Bioskop seluruh Indonesia.

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Mengenal Sosok Lain Chrisye Melalui Film
Mengenal Sosok Lain Chrisye Melalui Film
https://1.bp.blogspot.com/-A6XJ84QNy7g/WjfdE8JnbhI/AAAAAAAAAO8/HDofmcerYIsxJRPkwUXL1xfxZalQA7ibQCLcBGAs/s320/chrise.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-A6XJ84QNy7g/WjfdE8JnbhI/AAAAAAAAAO8/HDofmcerYIsxJRPkwUXL1xfxZalQA7ibQCLcBGAs/s72-c/chrise.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2017/12/mengenal-sosok-lain-chrisye-melalui-film.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2017/12/mengenal-sosok-lain-chrisye-melalui-film.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy