Transformasi Pers di Era Digital

Kemunculan internet dan media sosial lainnya berpengaruh besar terhadap bisnis media, termasuk pers. Informasi di berbagai belahan duni...


Kemunculan internet dan media sosial lainnya berpengaruh besar terhadap bisnis media, termasuk pers. Informasi di berbagai belahan dunia yang disalurkan lewat media sosial sangat cepat. Begitu juga peristiwa-peristiwa yang terjadi, termasuk berita-berita tentang berbagai peristiwa yang dimuat di berbagai media negara dapat dengan cepat menyebar di sosial media.

Untuk mengetahui berita-berita itu, masyarakat tidak perlu menunggu lama lagi terbitnya koran esok hari, atau menunggu siaran berita di televisi maupun radio sore hari. Sebab, mereka bisa mendapatkannya di media sosial. Berbagai link berita terkini bisa diakses karena banyak pengguna media sosial membaginya di akun media dan berita itu bisa dibuka saat itu juga, cukup dengan perangkat telepon cerdas, laptop, ataupun komputer tablet.

Sebelum maraknya penggunaan media elektronik untuk mengakses berbagai berita, masyarakat awam hanya mengandalkan surat kabar yang terbit setiap pagi, baik surat kabar harian, mingguan, hingga bulanan.

Namun pada era digital seperti ini masyarakat dengan mudah mengakses berbagai berita secara online. Kebanyakan penerbit majalah mengunggah fitur-fiturnya ke internet. fitur tersebut biasanya gratis bagi siapa pun yang memilih untuk mengaksesnya melaui situs jejaring sosial tersebut.
Akibatnya banyak media cetak yang kemudian gulung tikar dan kemudian beralih ke media online, Serikat Perusahaan Pers (SPS) sebelumnya bernama Serikat Penerbit Surat Kabar (SPSK), mendata jumlah media cetak beserta oplahnya/jumlah cetakannya.

Data ini mencakup harian dan mingguan. Sejak 2008 hingga 2014, oplah harian menunjukkan treen naik, meski jumlah medianya naik turun. Pada 2008, total harian tercatat 7,49 juta. Tahun-tahun berikutnya, angka tersebut terus naik. pada 2014, total oplah mencapai 9,65 juta.

Namun kenaikan itu berhenti pada 2014. Pada 2015 oplah mulai melorot, hanya 8,79 juta, turun 8,9 persen dari tahun sebelumnya.  Bahkan itu lebih kecil daripada oplah 2011. Merosotnya oplah harian pada 2015 dialami juga oleh mingguan, tabloid, dan majalah. Penurunan paling dalam menimpa mingguan. Pada tahun itu, oplahnya turun 9,27 persen dibanding tahun 2014.

Dikutip dari Tirto. id, Kegagalan manajemen sebuah media merespon perubahan cara khalayak mendapatkan infomasi, dan kadang-kadang mengabaikan internet sebagai pemicu sekaligus penggilas beberapa media pers terkemuka seperti Bola yang gulung tikar pada Oktober 2015 kemudian Sinar Harapan yang menerbitkan edisi terakhirnya pada 1 Januari 2016. Belum lagi majalah seperti Fortune, Kawanku, bahkan Horrison.  (Luqman)

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Transformasi Pers di Era Digital
Transformasi Pers di Era Digital
https://1.bp.blogspot.com/-mw-5KWJbbow/Wb8Ltg8oKdI/AAAAAAAAAHU/Nit8BW5asPoE3Ara-BGMbN3bYpFHTF_uQCLcBGAs/s320/d.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mw-5KWJbbow/Wb8Ltg8oKdI/AAAAAAAAAHU/Nit8BW5asPoE3Ara-BGMbN3bYpFHTF_uQCLcBGAs/s72-c/d.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2017/09/transformasi-pers-di-era-digital.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2017/09/transformasi-pers-di-era-digital.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy