Mengkritisi Aksi Aliansi Mahasiswa Jateng

  LPM Reference -Aliansi Mahasiswa Jateng (AMJ) menggelar aksi di halaman DPRD Jateng dengan tujuan mendukung pemilu 2024 diundur. 05/03/202...

 

LPM Reference-Aliansi Mahasiswa Jateng (AMJ) menggelar aksi di halaman DPRD Jateng dengan tujuan mendukung pemilu 2024 diundur. 05/03/2022

Menurut Juru Bicara AMJ, Maulana menegaskan bahwa landasan tolak pemilu adalah ekonomi belum stabil dan masih banyak persoalan rakyat yang belum tuntas. Serta utang luar negeri yang masih banyak.

“Rakyat butuh ketentraman dan harga-harga murah dibandingkan harus mengikuti pemilu lagi dalam waktu yang relatif singkat,” ungkapnya.

Maulana mengatakan, pengamat tidak paham persoalan rakyat khusunya dari arus bawah. Menurutnya, percuma kalau digelar pemilu 2024, belum mampu menjawab solusi rakyat, dan  menghasilkan pemerintahan yang memahami rakyatnya.

AMJ juga melakukan deklarasi dukungan kepada Ketua Umum PKB Dr, H. Abdul Muhaimin Iskandar menjadi calon presiden.

“kami menilai sosok Cak Imin sebagai representatif pemimpin yang ideal untuk memimpin Indonesia. Cak Imin paham betul persoalan masyarkat khususnya menengah ke bawah,” ucap Maulana.

Namun perihal aksi yang dilakukan AMJ mendapatkan tanggapan kontra dari mahasiswa Walisongo terutama mahasiswa FISIP.

Anang Kurniawan (mahasiswa FISIP) menyayangkan aksi tersebut dilakukan, apalagi aksi tersebut dilakukan oleh sekumpulan mahasiswa yang menamakan dirinya “Aliansi Mahasiswa Jateng”. Mahasiswa yang semestinya terhindar dari praktik politik praktis tapi kini bermetamorfosis menjadi afiliasi partai politik dan elit partai yang berlebihan untuk kepentingan tertentu.

“Apapun alasan yang dituangkan untuk penundaan pemilu saya rasa hanya kepentingan penguasa saja. Bagi saya menunda pemilu 2024 berarti sama saja melanggar hukum tertinggi Negara Republik Indonesia,” ujar Anang

Faris Balya (mahasiswa FISIP) menuturkan apa yang dilakukan teman-teman AMJ sah-sah saja sebagai kebebasan berekspresi, namun pencatatan nama lembaga seperti mengatakan representatif dari salah satu kampus itu malah mencederai lembaga kampus tersebut, terutama yang terjadi di UIN Walisongo. Mahasiswa harusnya berpikir nalar kritis dan ideologis harus di kedepankan, bukan malah bermain politik praktis.

“Ekonomi, pandemi dan lain sebagainya merupakan alasan klasik yang biasa digaungkan dalam menyikapi suatu permasalahan. Bagaimanapun pemilu 2024 harus tetap dilaksanakan, karena hal itu adalah amanat dari konstitusi yang menyatakan pemilu dilakukan 5 tahun sekali. Biaya pemilu kita memang mahal, tapi bagaimanapun itu harus ditanggung dan dijalankan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menjalankan demokrasi dengan baik,” ucap Faris

Dalam aksi AMJ tersebut terjadi suatu kejanggalan yaitu adanya perbedaan pandangan dari Aliansi Mahasiswa Walisongo sendiri. Padahal diketahui sendiri bahwa ada beberapa Mahasiswa UIN Walisongo yang terlibat dalam aksi yang diselenggarakan AMJ, yang patut dipertanyakan adalah apakah mereka benar-benar Mahasiswa UIN Walisongo?

Bukti konkret yang membuktikan kejanggalan aksi tersebut adalah terbitnya Press Release pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa Walisongo yang berisi:

Aliansi Mahasiswa Walisongo selaku wadah dari berbagai elemen organisasi/komunitas di lingkup UIN Walisongo mengutuk keras perbuatan yang mencederai marwah perguruan tinggi.

Disebutkan dalam berita yang beredar tersebut, adanya perwakilan mahasiswa UIN Walisongo , dengan ini kami menegaskan bahwa perwakilan tersebut atas nama individu dan tidak merepresentasikan mahasiswa UIN Walisongo secara kelembagaan.

Kami menuntut kepada individu atau pihak yang bersangkutan agar segera memberikan klarifikasi kepada Aliansi Mahasiswa Walisongo.

Dengan adanya bukti tersebut perlu adanya tindakan lebih lanjut dari Dema-Universitas untuk menyelidiki kejadian ini. Karena tindakan tersebut telah menodai idealisme mahasiswa seperti yang sudah disampaikan oleh Anang Kurniawan dan Faris Balya. Semoga dengan adanya kejadian tersebut dapat mengingatkan kembali kepada mahasiswa untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai idealismenya.  

Penulis : Ansol Boy 

Redaktur : Ayu Nindika Parastuti 

COMMENTS

Name

Artikel,43,Artikel Lepas,32,Berita,131,Berita terkini,130,Berita.,20,Buku,2,Cerpen,4,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,3,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Mengkritisi Aksi Aliansi Mahasiswa Jateng
Mengkritisi Aksi Aliansi Mahasiswa Jateng
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiH_NTTQqZUT_q7mBDqdV2XF1nV_zF-RZi7s2nICqLqOwDB6SKgL8fPKv-C_BYl59ijAVGXoBJvnJtOuqUB2rTu2PMkjamAxeZ5cUAy7uQy7rSZiKC-xaeglhtmZ_mRsejm4J4XeVHwZH4ghP561LOrrrr1Z4PViCwQBfV1vc7-9OXrPLjZx9ryiPLX8w=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiH_NTTQqZUT_q7mBDqdV2XF1nV_zF-RZi7s2nICqLqOwDB6SKgL8fPKv-C_BYl59ijAVGXoBJvnJtOuqUB2rTu2PMkjamAxeZ5cUAy7uQy7rSZiKC-xaeglhtmZ_mRsejm4J4XeVHwZH4ghP561LOrrrr1Z4PViCwQBfV1vc7-9OXrPLjZx9ryiPLX8w=s72-c
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2022/03/mengkritisi-aksi-aliansi-mahasiswa.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2022/03/mengkritisi-aksi-aliansi-mahasiswa.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy