Menjadi Tutor Untuk Anak-anak Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang

Dokumentasi pribadi: Proses belajar mengajar LPMReference.com - Pembelajaran jarak jauh membuat para remaja desa yang mana masih menjadi mah...

Dokumentasi pribadi: Proses belajar mengajar

LPMReference.com -
Pembelajaran jarak jauh membuat para remaja desa yang mana masih menjadi mahasiswa bersemangat untuk membentuk forum belajar yang diberi nama Elevent Task Consultasion (ETC). Karena memang banyak waktu luang yang dimiliki dibentuklah ETC oleh tiga sekawan Desi Indriyani, Eviani, dan Nurul Oktavia, Minggu (25/10/2020).

Pengabdian selama KKN Reguler dari Rumah (RDR) 75 UIN Walisongo Semarang, bertempat di Desa Penerusan Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, dalam mengawali iklannya ETC sendiri menyebar flayer baik online lewat facebook dan flayer offline yang ditempelkan disetiap sudut dari desanya.

Agustus tahun 2020 Iklan pertama melalui Facebook ternyata banyak yang merespon terutama dari orang tua, tak khayal tidak hanya dari desanya sendiri ada juga beberapa anak sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah atas (SMA) yang bergabung di ETC.

Pembelajarannya sendiri untuk SD dari hari senin sampai jumat pukul 09:00-12:00 WIB untuk hari Senin sampai Jumat, dan untuk SMA sendiri dimulai pukul 14:00-16:00 WIB. Hari sabtu dan minggu ETC ini libur.

Untuk pembiayaan belajar disini memang tidak diharuskan membayar, tapi kadang orang tua dari anak-anak yang belajar disini memberikan uang sekedar untuk membeli alat-alat tulis yang digunakan untuk belajar. Beberapa bantuan seperti meja juga dipinjamkan oleh RT setempat, untuk memberikan rasa nyaman kepada anak-anak.

"Yang paling susah adalah untuk materi SMA IPA, dimana memang harus mengulang materi yang pernah didapatkan pada saat bangku SMA dulu" Ujar Nurul.

Untuk tambahan tugasnya sendiri memang kadang diberikan kepada anak-anak yang masih SD, melainkan anak SMA tidak diberikan tambahan tugas.

"Orang tua memang kesulitan untuk mengikuti materi yang diberikan oleh sekolah karena pada waktu sebelumnya orang tua belum pernah mendapatkan materi seperti sekarang, sehingga anak-anak mereka diajak untuk belajar di ETC" imbuh Desi.

Mereka juga menginginkan untuk kedepannya, para anak-anak didik bisa memberikan manfaat kepada anak-anak, bisa membantu atas kesulitan dari pembelajaran sebelumnya.

Reporter  : Dede Hafidz Al Faruq

Redaktur : Fuizahtun Khasanah

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Menjadi Tutor Untuk Anak-anak Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang
Menjadi Tutor Untuk Anak-anak Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama KKN RDR 75 UIN Walisongo Semarang
https://1.bp.blogspot.com/-S46CFluHQt8/X5SukRmtIEI/AAAAAAAABp8/gXwOv2acDRodRGe0f8wQ_fvHcMvKP7XQQCLcBGAsYHQ/s320/20201025_054443.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-S46CFluHQt8/X5SukRmtIEI/AAAAAAAABp8/gXwOv2acDRodRGe0f8wQ_fvHcMvKP7XQQCLcBGAsYHQ/s72-c/20201025_054443.jpeg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2020/10/menjadi-tutor-untuk-anak-anak-di-masa.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2020/10/menjadi-tutor-untuk-anak-anak-di-masa.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy