Gus Dur, Sosok Pemimpin Bangsa

sumber foto: https://www.kompasiana.com/akhmadmaulana Kepemimpinan merupakan rangkaian kegiatan yang menggerakan orang lain ke ...





sumber foto: https://www.kompasiana.com/akhmadmaulana
Kepemimpinan merupakan rangkaian kegiatan yang menggerakan orang lain ke arah tertentu. Namun kepemimpinan tidak akan berhasil jika hanya dikerjakan oleh satu orang saja. Artinya seorang pemimpin sudah seharusnya memberikan arahan, agar suatu lembaga dapat berjalan selaras sebagaimana mestinya untuk mewujudkan kebaikan bersama.
Pemimpin memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membawa kelompoknya untuk mencapai suatu tujuan sesuai dengan visi dan misinya. Namun banyak yang kebingungan dalam menentukan bagaimana seharusnya seorang pemimpin itu, apakah pemimpin yang ideal adalah mereka yang cerdas dan berintegritas, merakyat atau bahkan mereka yang punya pengalaman dan relasi segudang. Ketika kita kembali menengok ke belakang, Indonesia pernah punya sosok pemimpin yang ideal, baik dalam struktur bernegara maupun dalam struktur golongan tertentu. Gus Dur, begitulah beliau sering dipanggil dan dijuluki dengan sebutan Kyai Bangsa.
Gus Dur lahir dari kalangan pesantren yang kental dengan ilmu agama, di bawah asuhan ayahnya KH. Wahid Hasyim dan kakeknya KH. Hasyim Asy’ari. Gus Dur di waktu kecil sangat gemar memanjat pohon sambil makan, sehingga tangannya pernah patah dua kali. Kemudian, saat beranjak remaja ayahnya sering menitipkan Gus Dur pada seorang muslim yang berkebangsaan Jerman yaitu Willem Iskandar Beller yang tinggal di kawasan Menteng Jakarta, saat itulah Gus Dur mulai menyukai musik barat lalu sering bergaul dengan tokoh- tokoh nasionalis seperti Bung Hatta dan Tan Malaka.
Petualangan intelektual Gus Dur mulai berkembang pesat saat dia belajar di Yogyakarta, di sana Gus Dur tinggal bersama Kyai Junaedi, salah satu tokoh Muhammadiyah, seminggu tiga kali ia mengaji bersama KH. Ali Maksum Krapyak, selain itu beliau juga belajar di Tegalrejo Magelang di bawah asuhan KH. Khudhori.
Dibalik sosok yang cerdas, Gus Dur juga dikenal sebagai seorang yang dermawan dan tidak terlalu mementingkan harta, pernah dikisahkan saat menjabat sebagai ketua NU, Gus Dur sering kali memberi sebagian penghasilannya dari hasil seminar untuk kebutuhan masyarakat NU, seperti bantuan pengajian dan lain-lain. Sangat selaras dengan pendapat Socrates “Rezim terbaik adalah rezim yang dipimpin oleh seorang filsuf.” Gus Dur adalah sosok filsuf yang tidak memikirkan kepentingan dunia untuk dirinya sendiri melainkan untuk kebaikan bersama.
Gus Dur menjabat sebagai Presiden ketika potensi disintregasi berkembang pesat karena ketidakadilan rezim Orde Baru. Ia juga melihat otoritas rezim Soeharto menyimpan banyak konflik sosial dan politik, akan tetapi dalam proses memerintah, Gus Dur berhasil menghalau disintregasi bangsa, salah satunya dengan membaur pada golongan Tionghoa yang pada masa orde baru begitu dikucilkan dan menetapkan hari raya Imlek atau tahun baru China sebagai hari libur nasional. Langkah berani Gus Dur ini membuatnya mendapatkan julukan “Bapak Minoritas Bangsa”.
Gus Dur memang sering disebut dengan sosok Kyai Bangsa, itu tercermin pada pandangannya dalam melihat rakyat Indonesia seperti pandangan seorang kyai terhadap santrinya. Ia menganggap rakyat adalah sekelompok manusia yang harus ia bawa kejalan yang lebih baik dan sejahtera, dimana untuk menuju kesejahteraan membutuhkan persatuan, sebagaimana kehidupan dalam pesantren yang saling membaur dan tolong menolong walaupun mereka dari latar belakang yang berbeda.
Menurut Gus Dur pesantren mirip dengan kisah Mahabarata versi Jawa, Kyai adalah seorang Pandhawa dan Santri adalah Kurawa. Dalam Mahabarata versi jawa Pandhawa adalah seorang yang telah mencapai puncak keilimuan, sedangkan Kurawa adalah seorang yang sedang berproses menggapai puncak. Setiap hari Kyai selalu berperang dengan para santri bukan untuk memusnahkan, melainkan untuk membantu santri menuju puncak agar mereka kelak juga bisa menjadi seorang Pandhawa. Seperti itulah Gus Dur dalam memandang Rakyat Indonesia, Ia adalah sosok yang tidak mau berkompromi dengan para koruptor, orang- orang yang menindas Indonesia dan mereka yang merusak persatuan Indonesia. Namun Gus Dur memandang mereka bukan dengan pandangan kebencian, melainkan pandangan cinta dan kasih sayang, mereka adalah orang yang perlu dididik agar menjadi seorang Pandhawa. Gus Dur tidak membenci seseorang pada zat- Nya, melainkan pada sifatnya.
Selain itu, Gus Dur  juga dikenal dengan tokoh yang humoris dan berkarisma, sering kali hal-hal besar hanya ia tanggapi dengan ringan dan menyegarkan, salah satu yang pasti dikenal banyak kalangan adalah “gitu aja kok repot”. Ini bukan berarti beliau memandang segala permasalahan di negeri ini dengan tidak serius, melainkan beliau mengajari pada kita bahwa segala sesuatu harus dihadapi dengan kepala dingin dan akal yang bersih, agar permasalahan tersebut mendapatkan solusi yang tepat.

Penulis : Faris Balya
Editor   : Fuizahtun Khasanah




COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: Gus Dur, Sosok Pemimpin Bangsa
Gus Dur, Sosok Pemimpin Bangsa
https://1.bp.blogspot.com/-XT3vR65sWKE/XfzxBs17MqI/AAAAAAAABM0/oNj_LTqRpB8lZtFsol4FMQKWzQF3dUggQCLcBGAsYHQ/s320/gusdur.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XT3vR65sWKE/XfzxBs17MqI/AAAAAAAABM0/oNj_LTqRpB8lZtFsol4FMQKWzQF3dUggQCLcBGAsYHQ/s72-c/gusdur.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2019/12/gus-dur-sosok-pemimpin-bangsa.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2019/12/gus-dur-sosok-pemimpin-bangsa.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy