ISLAM BUKAN MOMOK MENAKUTKAN

Buku berjudul “Islamku  Islam Anda Islam Kita” adalah buku yang ditulis oleh KH. Abdurrahman Wahid atau biasa kita kenal dengan sebut...



Buku berjudul “Islamku  Islam Anda Islam Kita” adalah buku yang ditulis oleh KH. Abdurrahman Wahid atau biasa kita kenal dengan sebutan Gus Dur. Di mana dalam buku ini penulis ingin merefleksikan bahwa agama Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin.

Pemikiran Gus Dur pun oleh berbagai kalangan Islam dinilai terlalu liberal karena beliau menolak konsepsi atau gerakan yang berlandaskan agama sehingga menyebabkan seorang dengan mudahnya menyalahkan kelompok atau agama lain yang berbeda pemikiran. Judul buku ini diambil dari salah satu artikel yang ditulis Gus Dur.

Dalam artikel tersebut Gus Dur berpikiran bahwa Islam yang dianut dan dialaminya adalah Islam yang khas, yang diistilahkan dengan “Islamku”. Beliau berpendapat bahwa Islam yang dianut dan dialaminya tidak perlu dipaksakan kepada orang lain dan hanyalah sebagai sesuatu yang perlu diketahui oleh orang lain.

Sedangkan kata “Islam Anda“ adalah sikap menghargai atau apresiasi terhadap berbagai kepercayaan tradisionalisme yang berkembang dalam agama yang dilakukan oleh masyarakat tertentu. Gus Dur memandang hal tersebut sebagai sebuah  hal yang tumbuh dari sebuah keyakinan bukan pengalaman.
Untuk kata “ Islam Kita” Gus Dur mengalami sebuah kesulitan karena secara bentuk dan pemikiran “Islamku “ berbeda dengan “Islam Anda“. Tetapi secara pemahaman “Islam Kita” adalah kecenderungan seseorang atau kelompok untuk memaksakan kebenaran Islam menurut pendapat atau tafsiran mereka sendiri, menurut Gus Dur hal ini sangat bertentangan dengan semangat demokrasi.

Buku ini terdiri dari tujuh bab, pada bab keenam membahas Tentang Kekerasan dan Terorisme, Gus Dur mengkritisi bahwa terjadinya kekerasan yang mengatasnamakan agama Islam disebabkan karena pendangkalan pemahaman tentang Islam. para pelaku kekerasan tidak mengerti bahwa Islam tidak membenarkan tindakan kekerasan dan diskriminatif.  .

Dalam buku ini Gus Dur memberikan masukan bahwa umat Islam seharusnya dapat memahami sejarah panjang Islam, kaum muslimin tidak pernah melakukan kekerasan  atau terorisme untuk memaksakan kehendak orang lain.

Dengan cara melakukan reinterpretasi  lah umat Islam akan mampu memberikan respon yang memadai dan benar atas tantangan kekerasan dan terorisme yang mengatasnamakan agama Islam. Dengan demikian Islam adalah agama  yang mencintai kedamaian bukan agama yang menghalalkan kekerasan.

Buku yang diterbitkan oleh The Wahid Institute ini memiliki beberapa kelebihan salah satunya mampu mengupas secara tuntas beberapa permasalahan keagaman yang selama ini dianggap salah dan mendapat hujatan dari mayoritas umat Islam.

Dalam buku ini Gus Dur mampu menuangkan pemikirannya dari sudut pandang yang berbeda, di mana beliau membela kaum minoritas yang dihujat tanpa membedakan agama, keyakinan, dan etnis, karena bagi beliau perbedaan bukan alasan untuk saling menyalahkan.

Tetapi buku ini bukan tanpa kekurangan yaitu, ada beberapa artikel yang membahas tentang relevansi agama Islam dengan Nahdlatul Ulama (NU), tetapi kata  pengantar  buku ini justru dibuat oleh seorang tokoh Muhammadiyah. Sehingga bagi orang yang berpikiran pragmatis mengira bahwa Gus Dur mengkesampingkan beberapa cendikiawan NU, yang notabenya merupakan organisasi agama yang beliau ikuti.


Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, buku ini layak menjadi referensi atau sumber pengetahuan yang mengantarkan umat muslim pada Islam yang penuh kedamaian, apalagi pada era sekarang, di mana banyak kelompok radikal yang mengatasnamakan Islam sebagai basis gerakan mereka. Sehingga dunia bisa memandang Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin bukan momok yang menakutkan. (Luqman)

COMMENTS

Name

Artikel,40,Artikel Lepas,31,Berita,123,Berita terkini,126,Berita.,17,Buku,2,Cerpen,2,Film,3,Foto,4,Gallery,4,Opini,2,Puisi,10,Resensi,8,Resensi Film,5,Sastra,5,Sejarah,5,Suara Fisip,2,
ltr
item
LPM REFERENCE: ISLAM BUKAN MOMOK MENAKUTKAN
ISLAM BUKAN MOMOK MENAKUTKAN
https://4.bp.blogspot.com/-EDRez6UocDM/Wb324FmkZAI/AAAAAAAAAHE/pDuNan8iY3YXpZIcFN1cQ4TMWM_7qMAhwCLcBGAs/s1600/ak.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EDRez6UocDM/Wb324FmkZAI/AAAAAAAAAHE/pDuNan8iY3YXpZIcFN1cQ4TMWM_7qMAhwCLcBGAs/s72-c/ak.jpg
LPM REFERENCE
http://www.lpmreference.com/2017/09/islam-bukan-momok-menakutkan.html
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/
http://www.lpmreference.com/2017/09/islam-bukan-momok-menakutkan.html
true
1873690984230655656
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy